Pengembangan Media Big Book Metamorfosis Kupu-Kupu untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Jadid Pajaran Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan proses dan hasil pengembangan media big book metamorfosis kupu-kupu untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Jadid Pajaran, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, desain, development, disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 8 anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Jadid Pajaran, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Teknik dan instrumen penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut: 1) proses dalam mengembangakan media big book yaitu untuk menggali informasi yang akan digunakan sebagai acuan untuk membuat desain big book. Berdasarkan analisis front end analysis, concept analysis, dan task analysis diperoleh informasi bahwa anak-anak masih belum terbiasa menggunakan bahasa Indonesia namun anak tertaerik melihat gambar dengan tulisan yang diperbesar dan kosa kata sedehana yang disajikan berulang-ulang., 2) hasil pengembangan media big book metamorfosis kupu-kupu dinyatakan efektif dengan memperoleh skor 80,43% serta uji kepraktisan produk memperoleh skor 87,5%. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya yaitu setiap halaman pada big book bisa ditambahkan game yang dapat menarik minat anak untuk belajar dan media big book metamorfosis kupu-kupu perlu diuji cobakan di sekolah lain.