Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V
Abstract
Pendidikan abad ke-21 mengharuskan beragam keterampilan dikuasai
dan mengacu kepada pembelajaran inovatif serta mengarah pada era
globalisasi. Pembelajaran inovatif dapat menyesuaikan model pembelajaran
yang berkesan seru atau ‟Learning is fun‟ oleh guru ketika di kelas sebagai
taktik dan cara belajar yang diimplementasikan dalam pembelajaran sehingga
tampak inovatif. Berdasarkan observasi dalam kegiatan belajar mengajar IPA di
sekolah dasar, pembelajaran cenderung diterapkan secara terpusat tanpa
melibatkan siswa serta kurangnya inovasi dari segi model pembelajaran. Salah
satu variasi model pembelajaran untuk melatih peningkatan kemampuan
memahami konsep adalah Index Card Match. Index Card Match yaitu cara
melihat kembali materi melalui usaha mencari pasangan dari kartu berisi
keterangan jawaban atau soal sembari belajar terkait pemahaman konsep yang
menyenangkan. Materi yang cocok digunakan pada penelitian ini adalah tema 8
Lingkungan Sahabat Kita. Oleh karena itu, pada tema ini guru dapat
membimbing siswa agar memahami dan mengetahui konsep dari tema
lingkungan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Index
Card Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa muatan
pelajaran IPA tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V di SDN Dabasah 1.
Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Index
Card Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa muatan
pelajaran IPA tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V di SDN Dabasah 1.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen (quasi
eksperimental) dengan model pembelajaran Index Card Match dan desain
penelitian quasi eksperimental serta rancangan pola penelitian Non-quivalent
Control Group. Populasi penelitian ini yakni kelas VA, VB, dan VC, sementara
sampel penelitian adalah siswa kelas VA danVC. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data yakni wawancara kepada guru dan siswa kelas VA
dan VC, tes hasil belajar baik itu pre-test atau post-test dan dokumentasi dengan
instrument pengumpulan data yaitu uji homogenitas, uji validitas, dan uji
reliabelitas serta teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji T-Test
(Independent Sample T- Test) dan keefektifan relatif.
Hasil dari uji t-test (independent sample t-test) diperoleh nilai t-hitung >
t-tabel yakni 3,383 > 1,675 dan nilai signifikannya dibawah 0,05 yaitu 0,001 <
0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak dengan pernyataan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa
kelas V. Hasil dari uji keefektifan relatif diperoleh sebesar 44%, lebih efektif
penggunaan model pembelajaran Index Card Match daripada model
Cooperative Learning. Model Index Card Match ini mempengaruhi banyak
faktor diantaranya, kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kritis siswa, kerja
sama siswa, dan keaktifan belajar selama di kelas.
Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa model pembelajaran Index Card
Match memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan
sahabat kita kelas V. Saran pada penelitian ini bagi guru adalah penggunaan
model pembelajaran Index Card Match berbantuan media flashcard, guru dapat
memperkenalkan bahwa media flashcard bisa menjadi media yang berguna
sebagau proyek dalam pembelajaran untuk menumbuhkan sikap kolaboratif
siswa. Guru dapat mencoba model Index Card Match berbantuan flashcard pada
tema lainnya untuk bahan evaluasi dalam hasil belajar siswa serta kepada
peneliti lainnya adalah penggunaan model pembelajaran Index Card Match
berbantuan media flashcard dapat ditambahkan berbagai macam aktivitas yang
melibatkan gerak fisik dalam permainan seperti berlari, berjalan, melipat kartu
dan memperluas inovasi media flashcard seperti adanya kartu soal, kartu
jawaban, dan kartu clue bergambar.