• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATION OF READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IRISAN DAN GABUNGAN DUA HIMPUNAN KELAS VII A SMP 1 ISLAM JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Mauhibatul Khoroid_1.pdf (224.2Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Mauhibatul Khoroid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengambilan data berupa daftar nama dan jenis kelamin siswa kelas VII A dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2013. Pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2013 sampai dengan 13 Februari 2013 di SMP 1 Islam Jember. Subyek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dan II diadakan 2 kali pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk melakukan tes akhir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena penelitian ini dilakukan setelah diadakan observasi terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang tidak mencapai KKM sehingga diperlukan metode pembelajaran yang sesuai dengan masalah tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pokok bahasan irisan dan gabungan dua himpunan; (2) aktivitas belajar siswa; (3) aktivitas guru; dan (4) ketuntasan belajar. Penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe CIRC pada pokok bahasan irisan dan gabungan dua himpunan berjalan dengan lancar dari pembelajaran 1 sampai dengan 4. Pembelajaran ini berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari analisis ketuntasan hasil belajar, penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 26,67%. Siswa yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa, sehingga pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Hal ini terjadi karena pada siklus I terdapat banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan guru. Pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 86,67% x sehingga ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa. Selain dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC juga dapat meningkatkan aktivitas guru. Pada siklus I pembelajaran 1 aktivitas guru yaitu sebesar 83,33%; pada pembelajaran 2 aktivitas guru mencapai 91,67%. Pada siklus II pembelajaran 3 aktivitas guru mencapai 95,83%; akan tetapi pada pembelajaran 4 aktivitas guru menurun menjadi 87,5%. Menurunnya aktivitas guru tidak mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I sampai dengan siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12073
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository