dc.contributor.author | SETIAWAN, Saskia Sriwahyuning | |
dc.date.accessioned | 2024-05-27T22:52:31Z | |
dc.date.available | 2024-05-27T22:52:31Z | |
dc.date.issued | 2023-07-06 | |
dc.identifier.nim | 181510601070 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120704 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 28 Mei 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Meningkatnya jumlah bisnis kuliner di Kabupaten Jember menyebabkan
ketatnya persaingan antar usaha. Penggunaan media sosial pada masa Covid-19
menjadi pilihan sebagian besar UMKM sebagai strategi untuk mempertahankan
serta mengembangkan usaha salah satunya adalah Salad Alvi. Penggunaan media
sosial serta electronic word of mouth menjadi media penting bagi UMKM untuk
mengetahui preferensi konsumen terhadap suatu produk. Selain itu, citra merek
menjadi pedoman bagi konsumen untuk melakukan pembelian karena hal tersebut
bersangkutan dengan reputasi serta kredibilitas suatu produk. Selama Covid-19,
UMKM Salad Alvi justru menjadi salah satu UMKM yang berkembang cukup
pesat dengan bantuan media sosial. Cukup pesatnya persaingan dalam bisnis
kuliner yang sama membuat Salad Alvi memiliki berbagai ulasan terhadap
produknnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pengaruh social media promotion dan electronic word of mouth terhadap
keputusan pembelian produk Salad Alvi melalui brand image.
Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan explanatory research sebagai metode penelitian.
Sampel ditentukan dengan menggunakan accidental sampling dengan jumlah 85
sampel dari konsumen Salad Alvi. Variabel yang akan dianalisis dalam penelitian
ini adalah social media promotion dan electronic word of mouth sebagai variabel
eksogen, brand image sebagai variabel mediasi dan keputusan pembelian sebagai
variabel endogen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah melalui analisis SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan
program SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Social media
promotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image. 2)
Social media promotion berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap brand image. 4) Electronic word of mouth berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 5) Brand image berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pertanian | en_US |
dc.subject | SOCIAL MEDIA PROMOTION | en_US |
dc.subject | ELECTRONIC WORD OF MOUTH | en_US |
dc.subject | BRAND IMAGE | en_US |
dc.subject | KEPUTUSAN PEMBELIAN | en_US |
dc.title | Pengaruh Social Media Promotion dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salad Alvi Melalui Brand Image | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Agribisnis | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Rena Yunita Rahman, SP., MSi. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Mei_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |