• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis Question Prompt Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Farah Dina Dzurroh El Widad.pdf (5.298Mb)
    Date
    2023-06-08
    Author
    WIDAD, Farah Dina Dzurroh El
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ialah ilmu yang mempelajari gejala alam berupa fakta, konsep dan hukum yang kebenarannya telah terbukti karena adanya penelitian yang dapat dipelajari dengan melakukan eksperimen, observasi, menyimpulkan dan menyusun teori, dan saling berkaitan antara cara satu dengan cara yang lain. Pembelajaran IPA mengajarkan pengalaman pembelajaran secara langsung sehingga dapat memberikan peningkatan kompetensi dan dapat mempedulikan alam sekitarnya dengan cara ilmiah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis question prompt scaffolding untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE melalui tahapan-tahapan yaitu: 1) analyze, 2) design, 3) develop, 4) implement, 5) evaluate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket berupa lembar validasi dan lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Teknik pemerolehan data dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest, unjuk kerja siswa, observasi, dan wawancara. Teknik analisa data dengan menganalisis validasi LKPD yang dikembangkan, menganalisis kepraktisan LKPD yang dikembangkan, dan menganalisis keefektifan LKPD yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah serta hasil belajar siswa. Analisis tersebut kemudian menghasilkan data berupa valid tidaknya LKPD yang dikembangkan, kepraktisan kegiatan pembelajaran dengan LKPD, dan eefektifan LKPD untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah serta hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari pengembangan LKPD berbasis question prompt scaffolding yaitu, hasil analisis validitas LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia mendapatkan rata-rata nilai 86.17% dengan kategori valid dan dapat digunakan tanpa revisi dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia mendapatkan rata-rata nilai 97.08% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil analisis keefektifan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah menunjukkan peningkatan skor N-gain pada setiap pertemuan. Skor N-gain pada siklus 1 ke siklus 2 termasuk dalam kategori sedang kecuali pada indikator sebab akibat, sedangkan pada siklus 2 ke siklus 3 didapatkan skor N-gain dengan kriteria sedang pada semua indikator, dan pada siklus 3 ke siklus 4 didapatkan skor N-gain dengan kriteria tinggi pada semua indikator. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan keterampilan menulis ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil analisis keefektifan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa mendapatkan skor N-gain sebesar 0.81 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan LKPD dalam kegiatan pembelajaran IPA juga dapat meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar siswa SMP pada materi sistem pernapasan manusia.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120699
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository