• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Tsabitah Amaliyah_Repository.pdf (4.280Mb)
    Date
    2023-06-21
    Author
    AMALIYAH, Tsabitah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk dimiliki siswa di abad ke-21. Dalam pembelajaran IPA, siswa dituntut agar berpikir kritis. Namun keterampilan berpikir kritis siswa di jenjang SMP termasuk dalam kategori rendah. Model pembelajaran yang diduga berlangsung secara optimal untuk melatih keterampilan berpikir kritis ialah learning cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP setelah pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen dan rancangan penelitian nonequivalent (pretest and posttest) control-group design. Hasil penelitian untuk uji pengaruh menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,016 yang artinya < 0,05. Implikasinya model learning cycle 5E berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Untuk uji peningkatan menggunakan N-Gain diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,5875 yang terkategori sedang, kemudian hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya < 0,05. Implikasinya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP setelah pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E. Kesimpulan yang diperoleh adalah model learning cycle 5E berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA dan pembelajaran IPA menggunakan model learning cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam kategori sedang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120663
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository