ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KEUANGAN BERDASARKAN MODEL POLYA SISWA SMK NEGERI 6 JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil analisis tersbut, diperoleh kesimpulan secara umum
mengenai persentase kemampuan pemecahan masalah siswa SMK Negeri 6 Jember
pada pokok bahasan matematika keuangan berdasarkan model Polya adalah 52,97%
siswa berkemampuan tinggi, 15,87% siswa berkemampuan sedang dan 30,16% siswa
berkemampuan rendah. Secara khusus, persentase siswa yang tingkat kemampuannya
tinggi, sedang dan rendah dalam memahami masalah secara berturut-turut adalah
74,6%, 15,87% dan 9,52%; persentase siswa yang tingkat kemampuannya tinggi,
sedang dan rendah dalam membuat renacana penyelesaian secara berturut-turut
adalah 52,97%, 11,11% dan 34,92%; persentase siswa yang tingkat kemampuannya
tinggi, sedang dan rendah dalam melaksanakan rencana penyelesaian secara berturutturut
adalah 52,97%, 14,29% dan 31.75%; persentase siswa yang tingkat
kemampuannya tinggi, sedang dan rendah dalam menelaah kembali secara berturutturut
adalah 23,81%, 9,52% dan 66,67%.