• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran IDDEEE (Issue, Doing, Doing , Elaboration , Elaboration , Establish) Untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi dan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    190220104010 Anis Budi Rizkiyati TesisRepo.pdf (9.953Mb)
    Date
    2023-06-23
    Author
    RIZKIYATI, Anis Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kerangka kompetensi abad 21 menghendaki pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk kreatif, inovatif, dan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah, dan bertanggung jawab. Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi . Berpikir kreatif adalah proses kognitif yang digunakan individu untuk menganalisis, membuat rencana, melakukan penyelidikan, kemudian membuat kesimpulan dan mengidentifikasi asumsi hingga akhirnya diperoleh solusi yang tepat . Visualisasi bagi otak yaitu konsep yang bersifat fisik untuk ditampilkan dengan representasi yang konkret . Keberhasilan suatu proses pembelajaran dilihat dari kemampuan siswa dalam merepresentasikan sesuatu yang telah mereka pahami. Menurut upaya untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA, salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA yaitu pembelajaran berbasis masalah, karena dengan menggunakan model PBL yang memiliki tahapan orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, analisis dan evaluasi akan membantu siswa dalam mencari dan menemukan sendiri materi atau jawaban yang dipelajari sesuai dengan masalah yang diberikan. Sehingga aspek berpikir kreatif siswa yang masih lemah bisa meningkat. Dalam pembelajaran PBL , siswa menggunakan peta pikiran ini melalui tahapan-tahapan mulai dari meneliti dan memahami materi, mengolah data dan menjelaskan hasil peta pikiran, memungkinkan siswa untuk mengaktifkan semua bagian otak untuk mengatur, mengingat, membandingkan dan banyak lagi. memahami materi yang dipelajari .. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri atas empat tahap define, design, develop, dan disseminate. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMPN 1 Panarukan Situbondo , SMPN 2 Kendit Situbondo, dan SMPN 5 Situbondo pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi serta tes berupa soal pre-test dan posttest. Analisis penelitian meliputi analisis validitas, kepraktisan dan efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IDDEEE sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan multirepresentasi peserta didik serta dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120645
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository