Strategi PengembanganTabungan Qurban Pada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Tabungan Qurban di LAZISMU Jember. Diperlukan strategi pengembangan untuk merumuskan alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan pada Tabungan Qurban LAZISMU Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data adalah wawancara dengan angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis SWOT melalui tiga tahapan, yaitu identifikasi faktor internal dan faktor eksternal, tahap input dan tahap pencocokan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan Tabungan Qurban LAZISMU Jember dengan menggunakan analisis SWOT meliputi: kekuatan-peluang (menjaga citra lembaga di mata donatur dan membangun citra positif di masyarakat serta meningkatkan loyalitas donatur, sedangkan menjaga kualitas daging kurban dengan memaksimalkan pemberdayaan peternak kurban, memaksimalkan kerjasama dengan perbankan syariah, menentukan brand positioning statement), kelemahan-peluang (membentuk deviasi khusus untuk menangani dan mengelola program tabungan, berpromosi di media sosial secara tertib) , kekuatan-ancaman (meningkatkan daya saing lembaga lebih banyak dibandingkan lembaga lain), kelemahan-ancaman (pemanfaatan sumber daya manusia LAZISMU untuk meningkatkan kualitas Tabungan Qurban).