• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Self Directed Learning (SDL) Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Winda Ramadhani 180210302063.pdf (2.648Mb)
    Date
    2022-12-28
    Author
    SUHANDOKO, Winda Ramadhani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemandirian menjadi salah satu salah satu elemen keterampilan penting dalam mata pelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka. Kemandirian mempersiapkan peserta didik untuk memutuskan apa yang harus dipelajari dan dicapai dalam merumuskan kegiatan dan menemukan minat mereka sendiri. Penelitian terdahulu menunjukkan rendahnya kemandirian peserta didik dalam mata pelajaran sejarah. Beberapa model pembelajaran, secara teori dapat memfasilitasi tumbuh kembangnya kemandirian peserta didik. Salah satu model yang relevan adalah Self Directed Learning. Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa model Self Directed Learning memfasilitasi peserta didik untuk mengambil inisiatif sendiri dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Self-Directed Learning menyadarkan dan memberdayakan peserta didik bahwa belajar adalah tanggung jawab individu, proses belajar yang dilakukan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk memverifikasi pengaruh model Self Directed Learning (SDL) terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan menggunakan Pretset-Posttest Non-Equivalent Control Group. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMAN Kalisat Jember. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Ancova dengan bantuan SPSS versi 24 for windows. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian yang dibelajarkan dengan menerapkan model Self Directed Learning pada mata pelajaran sejarah; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang dibelajarkan dengan menerapkan model Self Directed Learning pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi penelitian ini adala penerapan model Self Directed Learning diharapkan memperhatikan manajemen waktu sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan dapat sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat, model Self Directed Learning diharapkan menjadi referensi untuk mempersiapkan peserta didik dalam memutuskan apa yang harus dipelajari dan dicapai sehingga dapat juga mengoptimalkan hasil belajar yang lebih baik pada peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120587
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository