• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Discontinuity Editing dalam Membangun Kontinuitas Naratif pada Film Tokyo Story

    Thumbnail
    View/Open
    Eunice Ecclesia Purba (1.236Mb)
    Date
    2023-06-21
    Author
    PURBA, Eunice Ecclesia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Discontinuity editing merupakan konsep editing yang berkebalikan dari continuity editing. Konsep editing ini cukup jarang digunakan oleh pembuat film karena dapat menyebabkan latar belakang menjadi berubah-ubah sehingga gambar yang dihasilkan terlihat membingungkan dan ambigu. Penerapan discontinuity editing dilakukan oleh pembuat film biasanya bertujuan untuk membawa penonton agar dapat terlibat dalam plot atau cerita. Film Tokyo Story merupakan film bergenre drama keluarga yang rilis pada tahun 1953. Film ini bercerita tentang sepasang lansia yang hendak pergi ke Tokyo untuk mengunjungi anak dan cucu mereka, tetapi setelah tiba di Tokyo mereka tidak mendapatkan sambutan yang hangat dan justru diabaikan oleh anak-anak mereka. Penerapan konsep discontinuity editing yang terdapat pada film Tokyo Story tidak mengganggu kontinuitas naratif, sehingga cerita masih dapat tersampaikan dengan baik. Konsep editing tersebut juga dapat memberikan pengalaman sinematik yang berbeda dan terlihat lebih menarik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan discontinuity editing yang terdapat pada film Tokyo Story. Penelitian ini menggunakan teori editing yang disusun oleh Bordwell, Thompson, dan Smith untuk mengidentifikasi dan juga mendeskripsikan penerapan discontinuity editing yang terdapat pada film Tokyo Story. Teori tersebut kemudian didukung oleh unsur-unsur naratif yang dikemukakan oleh Nurgiyantoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena lebih menekankan pada kemampuan dalam memaknai data. Sumber primer penelitian berupa film Tokyo Story yang tayang di layanan digital streaming Filmbox+ dan sumber sekunder didapat melalui artikel jurnal dan hal-hal lain yang berkaitan dengan subjek penelitian. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Adapun analisis data dilakukan mengikuti langkah langkah yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan discontinuity editing pada film Tokyo Story berperan penting dalam membangun kontinuitas naratif. Hal tersebut terjadi karena naratif film Tokyo Story terkesan sederhana dan realistis. Discontinuity editing pada film ini juga diterapkan secara maksimal dengan memanfaatkan aspek-aspek editing lain, seperti aspek grafis dengan sangat baik. Melalui penelitian ini, ditemukan terdapat dua teknik discontinuity editing yang diterapkan pada film Tokyo Story, yakni pelanggaran aturan 180° dan penyisipan nondiegetic insert. Setiap teknik discontinuity editing yang diterapkan pada film ini memiliki maksud dan tujuan dalam membangun dan memperkuat naratif. Discontinuity editing yang diterapkan pada film Tokyo Story dapat menyampaikan makna cerita secara simbolis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120574
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2335]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository