Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Platform Tiktokshop (Studi Kasus pada Generasi Z di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Abstract
Disaat persaingan bisnis terjadi secara ketat seperti pada saat ini, Banyak perusahaan berlomba lomba untuk memasarkan produknya agar dapat bersaing dengan produk kompetitor. Jika suatu produk dapat bersaing dengan produk yang lain, perusahaan tentunya akan lebih mudah dalam meningkatkan keuntungan dari produk yang dimiliki. Perusahaan juga tentunya menggunakan banyak cara untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan promosi.
Salah satu media sosial yang digunakan untuk promosi sebuah produk adalah aplikasi Tiktok. Penggunaan aplikasi ini adalah sebagai media hiburan, pencarian informasi, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga digunakan oleh penjual untuk mempromosikan produknya. Aplikasi ini digunakan untuk mempromosikan produk dikarenakan memiliki banyak pengguna, serta cara operasionalnya yang mudah membuat perusahaan memilih untuk mempromosikan produknya pada aplikasi ini.
Pada aplikasi Tiktok terdapat fitur baru yaitu bernama Tiktokshop. Fitur baru ini digunakan oleh perusahaan untuk membuat toko online dan menjual produknya pada Tiktokshop. Di dalam Tiktokshop pengguna dapat mengetahui informasi mengenai produk apa yang dijual, harga dari produk tersebut serta penilaian dari orang lain yang pernah membeli produk tersebut. Tentunya dengan keberadaan Tiktokshop pada aplikasi tiktok ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk terus berpromosi sehingga mengakibatkan keputusan pembelian dari konsumen
Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan maksud untuk melihat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion pada platform Tiktokshop. Pengambilan informasi pada penelitian ini memakai metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memakai analisis regresi linier sederhana dalam mengolah data penelitian. Peneliti menggunakan lokasi penelitian menggunakan cara purposive area dimana hal ini digunakan sebagai bahan pertimbangan menentukan lokasi penelitian dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Lokasi yang ditentukan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Di Kecamatan Sumbersari ini aktivitas masyarakat dalam berbelanja online sudah banyak dilakukan. Berdasarkan hasil pra observasi peneliti dengan generasi Z di Kecamatan Sumbersari mereka menggunakan platform Tiktokshop sebagai salah satu platform yang digunakan untuk berbelanja. Alasan responden menggunakan tiktokshop untuk berbelanja ialah penggunaan yang mudah dan cara belanja yang simpel.
Dalam penelitian ini peneliti telah menguji instrumen-instrumen penelitian berupa butir-butir pertanyaan yang termuat dalam angket kemudian diisi oleh responden yang terdiri dari 35 responden masyarakat dalam kategori generasi Z yang menggunakan aplikasi Tiktok dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap poin-poin pertanyaan yang diberikan oleh peneliti kepada responden memperoleh hasil yang valid dan reliabel terbukti dengan besarnya r hitung lebih besar dari r tabel dan juga besarnya crombach alpha lebih besar dari 0,6 sehingga butir pertanyaan ini dapat digunakan kembali di waktu yang mendatang. Hasil untuk analisis linier sederhana menghasilkan persamaan Ŷ= 23,275 + 0,730 X + ei sedangkan untuk hasil pengujian hipotesis dengan dasar membandingkan antara t hitung dengan t tabel yakni t hitung sebesar 9,729 sedangkan untuk t tabelnya sendiri yaitu 1,971059 maka dari hasil tersebut dapat dilihat bahwasanya promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pada Generasi Z di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.