Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Project Based Learning (Pjbl) Dengan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack ) Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara kedua model pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Ambulu, dengan fokus pada 1. Menyelidiki perbedaan kemandirian siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (problem based learning) dengan menggunakan Pendekatan Tpack, dan Pjbl (pembelajaran berbasis proyek) menggunakan pendekatan PBL (pembelajaran berbasis proyek). tpack pada mata pelajaran sejarah. 2. Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (problem based learning) dengan pendekatan tpack, dan pjbl (project based learning) dengan pendekatan tpack pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Ambulu Kabupaten Jember. kelas secara umum telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung secara efektif dan dalam suasana belajar yang kondusif. dimana interaksi edukatif antara guru dan siswa berjalan dengan baik dan siswa terlibat secara aktif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas.