Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Creative Thinking Skill Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA
Abstract
Pembelajaran IPA dapat diartikan sebagai pembelajaran yang di dalamnya terdapat informasi mengenai keadaan alam sekitar secara sistematis, sehingga dalam pembelajaran IPA peserta didik bukan hanya sekedar menguasai keterampilan, pengetahuan yang berisi fakta-fakta, namun peserta didik juga dapat melakukan penemuan melalui percobaan-percobaan dalam proses pembelajaran. Creative thinking skill menjadi suatu hal yang penting pada pembelajaran IPA untuk menghadapi tuntutan abad ke-21. Maka dari itu, setiap individu perlu untuk mempersiapkan diri sebagai sumber daya manusia yang mempunyai berbagai keterampilan, seperti terampil, kreatif, mampu bekerja sama, berpikir tingkat tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif. Namun, faktanya creative thinking skill peserta didik masih rendah. Solusi yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan pengembangan LKPD elektronik (E-LKPD) yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. E-LKPD yang dikembangkan sesuai dengan indikator creative thinking skill dan dirancang secara menarik dengan memadukan materi pencemaran lingkungan. E-LKPD berbasis liveworksheet ini berisikan materi, video, dan contoh gambar penerapan di kehidupan sehari-hari yang mampu membuat peserta didik untuk memahami materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan creative thinking skill siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yakni teknik analisis data validitas dengan instrumen lembar validasi untuk mengetahui kevalidan produk. Teknik analisis data kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan untuk mengetahui kepraktisan produk yang digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data efektivitas dengan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan keterampialan creative thinking skill yang diukur menggunakan N-gain, serta dengan instrumen angket respon siswa yang telah menggunakan E-LKPD berbasis liveworksheet. Hasil dari validitas e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrumen lembar validasi dari perhitungan rata-rata tiga validator menunjukkan bahwa persentase validitas sebesar 88% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari kepraktisan e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan dilakukan oleh tiga orang observer memperoleh nilai rata-rata 90% dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat dinyatakan terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas e-LKPD berbasis liveworksheet dilihat dari rata-rata pre-test dan post-test menggunakan indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,72 yang termasuk dalam kriteria tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa terhadap e-LKPD mendapat respon yang positif dengan nilai sebesar 86% masuk ke dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan yaitu produk E-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan creative thinking skill siswa SMP pada pembelajaran IPA menunjukkan hasil validitas dengan kategori valid, praktis serta efektif. Oleh karena itu, produk E-LKPD berbasis liveworksheet dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan creative thinking skill siswa SMP.