Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Cafe Atmosphere Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Cafe Senja Jember
Abstract
Perkembangan dunia bisnis pada era globalisasi saat ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Fenomena yang ditemui yaitu berkembang pesatnya bisnis cafe di Indonesia dan banyak bermunculan cafe baru dengan konsep yang berbeda. Cafe Senja Jember merupakan salah satau Cafe pelopor Cafe kekinian di wilayah Jember, dengan banyaknya dan berkembanganya bisnis Cafe, maka dirasa penting untuk memunculkan minat berkunjung kembali di Cafe Senja Jember. Faktor faktor pendukung minat berkunjung kembali antara lain adalah kualitas produk, kualitas layanan, dan Cafe atmosphere. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi pada penelitian ini adalah semua orang yang berkunjung dan bertransaksi di Cafe Senja Jember. Peneliti menggunakan tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 180 responden. Data penelitian didapatkan dari penyebaran kuisioner melalui online (google formulir) dan offline (langsung) dengan periode waktu mulai Januari 2023 hingga Maret 2023. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, kualitas layanan, dan Cafe atmosphere secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali di Cafe Senja Jember.