• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSPEK PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN KOMODITAS KOPI ROBUSTA RAKYAT DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dimas B. Zahrosa_1.pdf (181.5Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Dimas Bastara Zahrosa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Jember merupakan satu-satunya daerah yang memiliki pusat penelitian kopi dan kakao, oleh karena itu produk kopi di Kabupaten Jember mempunyai peluang untuk dikembangkan. Daerah penghasil kopi di Kabupaten Jember juga cukup banyak, sehingga komoditas kopi di Kabupaten Jember cukup mudah didapatkan. Berdasarkan data dari Dinas Perkebunan Jawa Timur diketahui bahwa Kabupaten Jember merupakan sentra budidaya kopi robusta rakyat terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Malang. Pemasaran kopi robusta di Kabupaten Jember hanya terbatas pada daerah produksi saja, meskipun sebagian produksi dipasarkan di luar daerah tetapi pada kenyataanya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prospek pengembangan Kopi Robusta di Kabupaten Jember, (2) Strategi pemasaran Kopi Robusta di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja ( Purposive Method). Metode pengambilan contoh dalam penelitian ini adalah Area Sampling atau Sampel Wilayah. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan formulasi Slovin, kemudian responden dipilih berdasarkan metode Simple Random Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan usahatani kopi robusta rakyat di Kabupaten Jember di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan strategi pada posisi white area yaitu menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan peningkatan pertumbuhan dan keuntungan (Growt and Profitability). (2) Strategi pemasaran kopi robusta di Kabupaten Jember menggunakan bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat pemasaran dan promosi. Produk yang dihasilkanmemiliki keunggulan biji besar dan sudah melakukan olah basah. Harga yang diterapkan adalah harga yang telah ditetapkan oleh pengepul. Produk kopi dihasilkan hampir di semua kecamatan di Kabupaten Jember. Pemasaran dilakukan pada toko-toko atau warung-warung yang di dalam maupun luar kota. Promosi yang dilakukan adalah dengan menggunakan personal selling ataupun melalui website.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12044
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4418]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository