Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelompok A di TK ARNI Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar anak kelompok A di TK ARNI Jember. Jenis penelitian yang diguanakan yaitu Quasi-Eksperimental dengan desain Non-Equevalent Control Group. Populasi pada penelitian ini yaitu kelompok A di TK ARNI Jember yang berjumlah 63 anak. Sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 42 anak. Hasil penelitian diperoleh dengan rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 38,76 dengan posttest sebesar 81,23, Berdasarkan hasil pengujian hipotesis mengggunakan Uji t sampel terpisah bahwa nilai thitung > ttabel (3,254 > 2,021). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar anak kelompok A di TK ARNI Jember.