• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di SD Negeri 6 Kedunggebang Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ELVIKA TRI WULANDARI 180210204271.pdf (1.499Mb)
    Date
    2023-05-16
    Author
    TRI WULANDARI, Elvika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik karena diyakini sebagai perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan serta penyesuaian terhadap padatnya materi. Model problem based learning (PBL) dengan media pop up book pada pembelajaran tematik dapat menyajikan materi berbasis masalah secara nyata dan menyenangkan, melibatkan siswa secara langsung pada masalah serta memberikan peluang untuk siswa agar dapat membangun pengetahuannya dalam menemukan solusi dari masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan ketrampilan proses siswa yang akan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model PBL dengan media Pop Up Book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di SD Negeri 6 Kedunggebang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pendahuluan sebesar 41,67%, siklus I sebesar 63,39% dan siklus II sebesar 76,19% sehingga terjadi peningkatan terhadap persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari pendahuluan ke siklus I sebesar 21,72% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,80% serta rata-rata hasil belajar pendahuluan sebesar 58,9, siklus I sebesar 66,1 dan siklus II sebesar 76,8 sehingga terjadi peningkatan terhadap skor rata-rata hasil belajar siswa klasikal dari pendahuluan ke siklus I sebesar 7,2 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,7.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120416
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15431]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository