Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di SD Negeri 6 Kedunggebang Banyuwangi
Abstract
Pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik karena diyakini sebagai perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan serta penyesuaian terhadap padatnya materi. Model problem based learning (PBL) dengan media pop up book pada pembelajaran tematik dapat menyajikan materi berbasis masalah secara nyata dan menyenangkan, melibatkan siswa secara langsung pada masalah serta memberikan peluang untuk siswa agar dapat membangun pengetahuannya dalam menemukan solusi dari masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan ketrampilan proses siswa yang akan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model PBL dengan media Pop Up Book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di SD Negeri 6 Kedunggebang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pendahuluan sebesar 41,67%, siklus I sebesar 63,39% dan siklus II sebesar 76,19% sehingga terjadi peningkatan terhadap persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari pendahuluan ke siklus I sebesar 21,72% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,80% serta rata-rata hasil belajar pendahuluan sebesar 58,9, siklus I sebesar 66,1 dan siklus II sebesar 76,8 sehingga terjadi peningkatan terhadap skor rata-rata hasil belajar siswa klasikal dari pendahuluan ke siklus I sebesar 7,2 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,7.