Implementasi Service Excellent Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember
Abstract
Pelayanan merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh dalam sebuah
organisasi. Banyak diupayakan oleh perusahaan ataupun instansi pemerintah dan
swasta dalam memenuhi segala keperluan untuk memberikan kepuasan serta
kenyamanan sehingga Pemohon akan menjadi loyal karena kepuasan Pemohon
merupakan salah satu indikator keberhasilan. Salah satu cara meningkatkan
kepuasan Pemohon yaitu dengan meningkatkan kompetensi dan kualitas dalam
memberikan pelayanan prima serta selalu memberikan kesan yang baik dan positif.
Deisy (2018:3) mendefinisikan pelayanan prima adalah pelayanan yang
memiliki ciri khas kualitas (quality nice). Ciri khas kualitas yang baik meliputi
kemudahan, kecepatan, kehandalan, dan emphaty dari petugas pelayanan dalam
pemberian dan penyampaian pelayanan kepada pelanggan yang berkesan kuat dan
dapat langsung dirasakan pelanggan waktu itu dan saat itu juga. Dari penjelasan
tersebut kualitas pelayanan prima bisa diterapkan sesuai budaya yang berlaku
ataupun standar operasional diterapkan sesuai dengan harapan dan kepuasan
Pemohon sehingga dalam pelayanan prima terdapat dua elemen penting yang saling
berkaitan yaitu pelayanan dan kualitas.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]