Persiapan Sekolah dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar di Paud Al Irsyad Al Islamiyah Kabupaten Jember
Abstract
Sistem pembelajaran merdeka belajar terhadap pendidikan anak usia dini memfasilitasi anak untuk bebas memilih apa yang mereka minati dan ingin pelajari, dengan harapan ke depannya para peserta didik dapat ikut memajukan bangsa dengan bakat yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan sekolah dalam melaksanakan sistem pembelajaran Merdeka Belajar di PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, tenaga administrasi, guru, dan yayasan sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yaitu ketekunan pengamatan, perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik. Hasil kajian menunjukkan bahwa pada saat ini sekolah telah mempersiapkan sumber daya manusia dan meningkatkan kompetensi guru yaitu mendorong guru untuk mengikuti guru penggerak, pelatihan dan belajar mandiri, melakukan kegiatan kolaboratif berupa kegiatan wisata edukasi, melaksanakan praktik baik dengan cara menggunakan pembelajaran berbasis STEAM, dan membiasakan refleksi setelah melakukan pembelajaran. Namun, terdapat persiapan yang belum dilaksanakan seperti sekolah belum sepenuhnya memfasilitasi sarana prasarana untuk Merdeka Belajar, mendatangkan konsultan dan belum membuat panitia kecil yang dapat membantu guru. Persiapan dilakukan sebelum menerapkan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar untuk memudahkan saat mengimplementasikannya.