• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Korelasi Antara Program Parenting Dengan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di KB Al Khadijah Tegalsari Kab. Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_ALFIANI RAHMA_180210201084.pdf (3.002Mb)
    Date
    2023-07-14
    Author
    RAHMA, Alfiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program parenting merupakan program pembimbingan orang tua atau program yang ditujukan untuk membangun pikiran orang tua, sehingga orang tua mampu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya khususnya pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan adanya program parenting diharapkan bisa mampu meningkatkan tumbuh kembang anak dengan optimal. Untuk itu terkait dengan kegiatan parenting kemampuan suatu keluarga dalam hal memberikan perhatian, waktu dan dukungan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan harus ditingkatkan yang mana akan ada keselarasan antara guru dan orang tua dalam mengembangkan aspek perkembangan anak. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini untuk membuktikan apakah penelitian program parenting berkorelasi secara signifikan terhadap perkembangan kognitif pada anak usia dini. Sehingga rumusan penelitian ini adakah korelasi antara program parenting dengan aspek perkembangan kognitif anak usia dini di KB Al Khadijah Tegalsari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara program parenting dengan aspek perkembangan kognitif anak usia dini di KB Al Khadijah Tegalsari. Pada penelitian ini jenis penilitian yang digunakan yakni penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertempat di KB Al Khadijah Tegalsari Kab. Banyuwangi dengan menggunakan teknik Purposive Area. Populasi di KB Al Khadijah Tegalsari sebanyak 18 wali murid sehingga dalam penelitian ini penentuan responden menggunakan sampling jenuh dikarenakan dalam penelitian ini mengambil keseluruhan total populasi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yakni menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penelitian terdiri dari 24 butir pertanyaan.Teknik analisis data yang digunakan yakni korelasi tata jenjang dengan menggunakan SPPS (Statistical Package For The Social Science) versi 24. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada korelasi antara Program Parenting dengan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini di KB Al Khadijah Tegalsari. Diperoleh hasil rhitung sebesar 0,871 dengan responden penelitian N=18. Nilai tersebut lebih besar jika dikonsultasikann dengan rhitung pada taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 5% sebesar 0,497, menunjukkan bahwa rhitung > rtabel 0,871 > 0,497. Dapat disimpulkan bahwa antara program parenting dengan perkembangan kognitif anak memiliki korelasi yang positif dan signifikan serta tergolong ke dalam tingkat korelasi yang sangat tinggi. Adapun indikator yang dijadikan pengukuran dalam penelitian ini, diketahui bahwa perencanaan program parentimg mampu meberikan kontribusi sebesar 0,694 atau terhadap perkembangan kognitif yang termasuk dalam korelasi cukup tinggi, sedangkan pelaksanaan program parentimg mampu meberikan kontribusi sebesar 0,774 terhadap perkembangan kognitif yang termasuk dalam korelasi cukup tinggi, dan evaluasi program parenting mampu meberikan kontribusi sebesar 0,754 terhadap perkembangan kognitif yang termasuk dalam korelasi cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis data yang disajikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tergolong dalam kategori sangat tinggi antara program parenting dengan perkembangan kognitif anak usia dini di KB Al Khadijah Tegalsari. Adapun saran yang diberikan lembaga KB Al Khadijah Tegalsari diharapkan mempertahankan dan mengembangkan program parenting yang sudah berjalan sangat baik. Adapun saran yang dapat disampaikan kepada orang tua diharapkan orang tua dapat memberikan lebih banyak waktu untuk keluarga khususnya dalam mendampingi anak usia dini agar mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak. Bagi peneliti lain, perlu dikembangkan terkait pembahasan tentang perkembangan anak yang lainya, karena dalam penelitian ini hanya membahas tentang perkembangan kognitif pada anak usia dini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120277
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository