Pengembangan E-Modul Berbasis WEB dalam Pembelajaran IPA SMP pada Materi Zat Aditif danZat Adiktif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik materi zat aditif dan zat adiktif berbasis web untuk meningkatkan literasi sains siswa . Pengembangan E-modul berbasis web menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement, And Evaluation) yang dibatasi sampai tahap develop.Uji validitas melibatkan validator ahli materi dan media, validator ahli bahasa, dan validator praktisi. E-modul berbasis web dikembangkan menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket validasi. Teknik analisis data menggunakan persamaan persentase. Data hasil analisis diinterpretasikan berdasarkan kriteria validasi. Hasil validasi e-modul berbasis web memperoleh rata-rata persentase sebesar 85,00% pada aspek format, pada aspek bahasa 82,14% pada aspek isi 8194.44% dan aspek kegrafisan 8214.29% dan memperoleh rata-rata persentase sebesar 8280.75% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian e-modul berbasis web ini pada materi zat aditif dan adiktif sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA SMP.