Analisis Optimasi Topologi Desain Komponen Steering Hub Kendaraan Kompetisi
Abstract
Hub kemudi merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem kemudi mobil karena digunakan untuk menghubungkan roda kemudi ke kolom kemudi. Di dalam penelitian, studi desain optimasi topologi dilakukan untuk mengembangkan desain
struktural dan mengurangi massa komponen hub kemudi yang gagal. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari pemodelan hub kemudi awal dengan CAD Inventor software, kemudian proses optimasi topologi dengan beberapa variasi 50%, 60% dan 70% mass retain dan validasi menggunakan perangkat lunak ANSYS berbasis Finite Analisis Elemen (FEA). Dari hasil simulasi diketahui bahwa desain dibuat dengan menggunakan metode optimasi topologi memiliki kinerja yang lebih baik dari yang lama
desain. Desain yang terpilih sebagai desain “terbaik” adalah desain dengan 50% mass retain, dimana nilai tegangan maksimum yang terjadi sebesar 11,56 MPa, deformasi total sebesar 0,02 mm dan massanya 109,1 gram.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]