Pengembangan E-Modul Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning dan Efektifitasnya terhadap Critical Thinking Skill dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Perkembangan teknologi di era society 5.0 menuntut keterampilan dan kompetensi yang mumpuni. E-Module Articulate Storyline cocok untuk membantu pendidik menjelaskan materi yang sulit dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk tervalidasi berupa E-Modul Articulate Storyline dan mengetahui efektifitasnya terhadap critical thinking skill peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Hasil analisis data yang diperoleh dari penilaian validasi ahli Desain diperoleh mean sebesar 4,73. Validasi ahli bahasa diperoleh mean sebesar 4,80. Validasi ahli materi diperoleh mean sebesar 4,71. Validasi ini termasuk dalam kategori "sangat baik". Pada uji pengguna pendidik diperoleh nilai mean sebesar 4,70. Hasil Pengguna Peserta didik diperoleh nilai mean sebesar 4,70. Hasil uji pengguna terhadap empat orang peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,75, jika disesuaikan dengan tabel kelayakan produk, maka E-Module Articulate Storyline yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Rumus Efektivitas mencapai nilai Efekticitas yang tinggi dengan hasil efektivitas pada kelompok kecil sebesar 0,82 dan efektivitas kelompok besar sebesar 0,97. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan E-Modul Articulate Storyline memberikan pengaruh yang besar terhadap penerapannya dalam pembelajaran sejarah di SMAN 5 Jember.