• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pembelajaran IPA di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Tesis Indi Ghozirur Rohmah (200220104008).pdf (955.4Kb)
    Date
    2023-11-15
    Author
    ROHMAH, Indi Ghozirur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu negara. Peran pendidikan akan terwujud dalam proses pembelajaran dengan menghasilkan kemampuan siswa. Kemampuan yang bermanfaat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau sains kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menyatakan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kreativitas siswa kurang maksimal, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yakni pengembangan model pembelajaran AKSI yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan adaptasi langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Model pengembangan 4D dilakukan dengan 4 tahap penelitian yakni Define (Pendefinsian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Diseminasi). Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli yakni 3 dosen. Kepraktisan model diketahui berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh 3 observer, uji respon guru dan uji respon siswa. Kefektifan model diketahui berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest siswa. Penelitian pengembangan model pembelajaran AKSI menghasilkan data berupa nilai validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Pada Model pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) diperoleh skor kevalidan sebesar 88,10% dengan kategori sangat valid. Nilai Kepraktisan diperoleh dari observasi keterlaksanaan sebesar 89,24% dengan kategori sangat praktis, uji respon guru sebesar 89,38% dengan kategori sangat praktis, dan uji respon siswa mendapatkan skor 84,12% dengan kategori sangat praktis. Nilai keefektifan model pembelajaran AKSI dapat dilihat berdasarkan nilai uji coba penggunaan model pembelajaran. Hasil uji Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mendapatkan N-gain 0,7 pada kategori tinggi dan kemampuan berpikir kreatif siswa mendapatkan N-gain 0,7 dengan kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran AKSI efektif digunakan pada pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120231
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository