• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal Tema Ekosistem Subtema 1 Komponen Ekosistem Untuk Mengefektifkan Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas V SDN Sebaung I di Kabupaten Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Vicha Catur Aprilia.pdf (3.713Mb)
    Date
    2023-06-26
    Author
    APRILIA, Vicha Catur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan adalah cara mempelajari alam dan prosesnya dengan menggunakan metode yang sistematis dan ilmiah. Pentingnya buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal ini di kembangkan dengan alasan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal ini masih tidak banyak ditemukan pada buku peserta didik. Literasi sains penting untuk diajarkan pada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang berkaitan dengan pemecahan masalah bermodalkan pengetahuan sains yang telah dipelajari. Pembelajaran menggunakan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal diharapkan dapat menunjukkan contoh konkret permasalahan berbasis lingkungan khususnya kearifan lokal Probolinggo yaitu hutan mangrove yang relevan dengan materi ajar kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimnakah proses pengembangan, kevalidan, efektifitas, dan kepraktisan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal pada peserta didik kelas V SDN sebaung I di kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, efektifitas, dan kepraktisan produk pengembangan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg and Gall. Tahapan penelitian ini terdiri dari 8 tahapan dari 10 tahapan penelitianBorg and Gall. Hal tersebut karena pada tahap ke-8 sudah dapat menjawab rumusan masalah dan keterbatasan waktu dan biaya. Buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal pada peserta didik kelas V SDN Sebaung I di kabupaten Probolinggo memperoleh skor kevalidan sebesar 85,42% dengan kategori sangat layak. Tingkat keefektifan pada buku ajar ini sedang dengan skor sebesar 50,7%. Buku ajar ini dapat dikategorikan sangat praktis karena memperoleh skor 85,25%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120217
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository