Implementasi Etika Bisnis Islam pada Butik Tasya Kota Pasuruan
Abstract
Etika bisnis Islam merupakan norma, adab, atau aturan yang berpedoman pada Al-
Qur’an dan Hadist yang harus diterapkan oleh pelaku bisnis. Tidak semua pelaku
bisnis menerapkan etika bisnis disela aktivitasnya, banyak darinya yang melakukan
kecurangan atau menghalalkan segala cara untuk memperlancar bisnisnya. Hal
tersebut sangat menyimpang dari prinsip etika bisnis Islam, bisa jadi bisnis tersebut
tidak akan mendapatkan keberkahan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis implementasi etika bisnis Islam pada butik
Tasya Kota Psuruan serta dampak etika bisnis Islam terhadap keberhasilan bisnis.
Dalam penelitian ini yang menjadi faktor yang digunakan untuk menganalisis etika
bisnis Islam yaitu lima prinsip etika bisnis Islam yang terdiri dari tauhid,
keseimbangan/keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan. Dilanjutkan
dengan cara mengukur keberhasilan bisnis dengan empat faktor yaitu modal,
pendapatan, volume penjualan, dan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif untuk menganalis data, menggunakan data primer dan
sekunder untuk menggali data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan cara
purposive sampling, yaitu dipilih berdasarkan pilihan tertentu. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa butik Tasya Kota Pasuruan telah mengimplemntasikan etika
bisnis Islam dengan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Selain itu, etika
bisnis Islam membawa dampak keberhasilan bisnis pada butik Tasya, terbukti dari
meningkatnya pendapatan dan volume penjulan di tiap tahunnya.