Nilai nilai Pendidikan Karakter dalam Film Kartun “Upin dan Ipin” dan Pemanfaatannya sebagai Media Ajar Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah Kelas IV SDN Jember Kidul 04
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas IV SDN Jember Kidul 04. Menurut narasumber dengan maraknya kasus kekeresan yang melibatkan anak-anak, baik kekerasan terhadap sesama teman bahkan kekerasan terhadap makhluk hidup lain, tentunya tidak terlepas dari tontonan televisi yang menjadi teman keseharian anak. Secara tidak langsung, televisi seakan memberikan ajaran baru kepada anak. Proses dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidak hanya dilakukan oleh lembaga pendidikan saja, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter juga dapat dilakukan dengan menggunakan media elektronik. Salah satunya yaitu televisi yang merupakan media elektronik yang dapat digunakan sebagai media pendidikan dalam penanaman karakter pada peserta didik. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Jember kidul 04. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada film animasi “Upin dan Ipin” dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film kartun “Upin dan Ipin” yaitu diantaranya religius (Spiritual), pendidikan karakter disiplin (personal), pendidikan karakter peduli sosial (sosial), pendidikan karakter peduli lingkungan (alam) dan nilai-nilai pendidikan karakter cinta tanah air (kebangsaan). Adapun pemanfaatan film animasi “Upin dan Ipin” sebagai materi ajar tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah Kelas IV SDN Jember Kidul 04, terbukti mengandung nilai-nilai moral sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran pada siswa kelas IV.