Strategi Promosi Keripik Pisang Mahameru di Lumajang
Abstract
Kabupaten Lumajang merupakan kota yang memiliki potensi yang besar, kemungkunan banyak usaha yang menjual keripik pisang sehingga akan banyak pesaing dalam usaha ini. keripik pisang "mahameru" merupakan produk keripik pisang yang berdiri sejak tahun 2015. Sejak membuka usaha keripik pisang mahameru ini mengalami penurunan omzet penjualan yang drastis pada tahun 2020, Kemudian mampu bangkit kembali pada tahun berikutnya. Peningkatan omzet penjualan yang terjadi di tahun 2021 merupakan dampak dari strategi promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha. Dalam penelitian ini, penilitian saya merumuskan masalah bagaimana strategi promosi keripik pisang mahameru di Lumajang. Peneiitian ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keripik pisang mahameru menggunakan strategi promosi berupa iklan:media elektronik dengan menggunakan instagram, media cetak dengan mencetak brosur, media display berupa nama display atau spanduk. Promosi penjualan: memberikan potongan harga dalam bentuk potongan harga. Humas : donasi, sponsor, lobying. Pemasaran langsung & online dapat membeli langsung di outlet dan juga dapat melakukan pembelian secara online melalui marketplace, shopee dan whatsapp. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa keripik pisang mahameru di Lumajang menerapkan strategi promosi yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.strategi yang dilakukan adalah periklanan, promosi penjualan, public relations, dan direct & online marketing. dengan strategi promosi tersebut dapat mendorong keripik pisang "mahameru" di Lumajang meningkatkan omzet penjualan.