Pengaruh Citra Merek, Ulasan Elektronik, dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Investor Muda dalam Memilih Aplikasi Investasi Reksa Dana Syariah pada Mahasiswa di Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, electronic word of mouth, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan investor muda dalam memilih aplikasi investasi reksadana syariah pada mahasiswa di Jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa di Jember dengan sampel sebanyak 150 responden. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling untuk memilih sampel. Analisis regresi linier berganda merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan software SPSS versi 26. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa uji t (parsial) variabel electronic reviews dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap investor muda dalam memilih aplikasi investasi reksa dana syariah sedangkan citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan investor muda dalam memilih aplikasi investasi. Dengan demikian untuk meningkatkan keputusan investor muda dalam berinvestasi, aplikasi investasi harus terus meningkatkan pelayanan pada fitur-fitur aplikasi dan pemasaran dalam bentuk iklan, ulasan elektronik dan meningkatkan citra yang baik pada merek.