Pengaruh Citra Digital Next Earth dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Interpretasi Citra Siswa
Abstract
Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan, terutama dalam hal media
pembelajaran, telah membawa perubahan besar dalam cara siswa memahami dan
belajar berbagai konsep. Salah satu bidang yang telah mengalami transformasi
signifikan adalah pembelajaran geografi, terutama dalam penggunaan teknologi
citra digital dan pengindraan jauh. Teknologi ini memungkinkan guru untuk
memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif bagi siswa.
Next Earth sebagai salah satu platform citra digital yang inovatif, menawarkan
akses yang mudah dengan resolusi tinggi. Penggunaan teknologi citra digital Next
Earth dalam pembelajaran geografi dapat memberikan manfaat besar dalam
meningkatkan kemampuan interpretasi citra siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji pengaruh penggunaan citra digital Next Earth dalam pembelajaran
geografi terhadap kemampuan interpretasi citra siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain
quasi experimental control grup. Populasi penelitian adalah seluruh siswa-siswi
kelas X di MA AL-Qodiri Jember semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang,
terdiri dari 5 kelas: X E1sampai X E5. Hasil uji homogenitas berdasarkan nilai
ulangan harian menunjukkan bahwa kelima kelas X E memiliki kesamaan yang
signifikan. Teknik cluster random sampling kemudian digunakan untuk memilih
dua kelas sebagai sampel: hasilnya kelas X E1 sebagai kelas eksperimen (23 siswa),
dan kelas X E2 sebagai kelas kontrol (21 siswa). Kedua kelas tersebut kemudian
diberikan perlakuan yang berbeda, kelas kontrol diberi perlakuan dengan media
konvensional dan kelas eksperimen menggunakan media citra digital Next Earth.
Hasil pretest berdasarkan nilai rata-rata menunjukkan bahwa tidak ada
perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Namun, setelah menggunakan citra
digital Next Earth dalam pembelajaran geografi, terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil posttest kedua kelompok, dengan kelas eksperimen mencapai rata-rata 71,13 dan kelas kontrol sebesar 62,86. Hasil Uji normalitas Pretest dapat diketahui
bahwasanya nilai signifikansi kelas eksperimen 0,200 > 0,05 dan nilai signifikansi
kelas kontrol 0,200 > 0,05, sedangkan uji normalitas postest diketahui nilai
signifikansi kelas eksperimen 0,200 > 0,05 dan nilai signifikansi kelas kontrol 0,067
> 0,05. Hasil pretest dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi
normal. Uji t-test pada pretest sebesar 0,338 > 0,05 menunjukkan tidak ada
perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil pretest kedua kelompok. Uji t-test
postest sebesar 0,018 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara
rata-rata hasil postest kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Secara umum tingkat kemampuan interpretasi citra siswa berdasarkan
tingkat kejelasan objek (26%). Interpretasi objek berdasarkan kemampuan
mengenali objek geografi diperoleh (20,4%). Berdasarkan 8 unsur interpretasi citra,
memperoleh (22,2%). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan media
citra digital Next Earth dalam pembelajaran geografi terbukti berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan interpretasi citra siswa.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan citra digital
Next Earth dalam pembelajaran geografi memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kemampuan interpretasi citra siswa. Teknologi ini membantu
meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami informasi spasial dan geografis
dari citra digital.