• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Aerodinamika Bodi Prototype Mobil Irit dengan Variasi Sudut Leading Edge Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Bagus Aji.pdf (1.465Mb)
    Date
    2024-01-26
    Author
    PANGESTU, Bagus Aji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah dengan meningkatkan salah satu faktor yang mempengaruhinya. Ada tiga faktor yang mempengaruhi efisiensi dari suatu kendaraan, yaitu berat kendaraan (mass), hambatan aerodinamis (aerodynamic resistance), dan tahanan gelinding (rolling resistance. Aerodynamic resistance merupakan suatu tahan yang terjadi pada bodi kendaraan akibat dari bentuk dan penyebaran aliran yang menyebabkan terhambatnya laju kendaraan. Faktor-faktor yang mempengaruhi aerodynamic resistance adalah dimensi, sudut leading edge, rear end dan diffuser pada bodi. Faktor yang paling berpengaruh pada aerodynamic resistance ada pada sudut leading edge, rear end dan diffuser. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap bentuk dari leading edge bodi mobil irit Tawang Alun Universitas Jember dengan melakukan optimasi pada sudut leading edge dengan melalui pendekatan computational fluid dynamics (CFD) pada aplikasi Ansys Workbench 19.2. Hasil dari analisis tersebut akan dilakukan proses perbandingan antara desain bodi lama dengan desain bodi optimasi guna mendapatkan desain bodi yang lebih baik, dengan dua kondisi yang perlu dipertimbangkan yaitu leading edge sebesar 40˚, 45˚, 50˚, 55˚, 60˚ dan kecepatan pada saat simulasi kendaraan sebesar 11,1 m/s dan 22,2 m/s. Hasil simulasi dari variasi sudut leading edge 40˚, 45˚, 50˚, 55˚, dan 60˚ menghasilkan coefisien drag (Cd) terendah sebesar 0.014 pada kecepatan 11,1 m/s dan 0,018 pada kecepatan 22,2 m/s. Hasil coefficient of drag (Cd) tertinggi pada variasi sudut leading edge yaitu seesar 0.021 pada kecepatan 11,1 m/s dan 0.024 pada kecepatan 22,2 m/s
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120045
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository