Media Video Pembelajaran pada Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan Subtema 2 Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah yakni kurangnya penggunaan media pembelajaran sebagai alat untuk membantu guru dalam proses pembelajaran serta tersedianya fasilitas yang cukup namun tidak dimanfaatkan secara maksimal di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video pembelajaran dan mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari produk media video pembelajaran pada tema 2 “Udara Bersih Bagi Kesehatan” subtema 2 kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, validasi, tes, dan angket respon. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan validasi produk, tingkat keefektifan relatif, dan kepraktisan. Berdasarkan hasil validasi produk diketahui bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori layak. Hasil belajar siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan kelas yang tanpa menggunakan media video pembelajaran. Respon siswa terhadap media video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Jadi, berdasarkan pembahasan tersebut produk pengembangan media video pembelajaran ini valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.