Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Budaya Literasi di Rumah pada Anak Prasekolah di Lingkungan RT 003 RW 001 Desa Sumberwaru Kabupaten Jember
Abstract
Orang tua sebagai lingkungan yang paling akrab dan dekat dengan anak, hendaknya dapat memberikan pengalaman literasi di rumah. Pengalaman literasi pada anak prasekolah diyakini dapat membentuk fondasi yang kuat pada perkembangan selanjutnya. Peneliti hendak mendeskripsikan upaya orang tua dalam menanamkan budaya literasi di rumah pada anak prasekolah di Lingkungan RT 003 RW 001 Desa Sumberwaru Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dengan informan 3 keluarga (orang tua) yang memiliki anak prasekolah. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat ragam upaya yang dilakukan oleh orang tua antara lain: (1) Secara aktif orang tua terlibat langsung untuk memberikan pengalaman literasi dengan cara sederhana dan melalui kegiatan sehari-hari seperti membaca cerita bersama; (2) Secara pasif orang tua terutama ibu berusaha menjadi figur teladan bagi anak dengan menyukai kegiatan literasi di rumah; (3) Oang tua menyediakan lingkungan fisik yang mencakup bahan atau fasilitas literasi di rumah salah satunya buku cerita; (4) Orang tua memberikan dorongan atau motivasi, agar anak dapat mengingat bahwa kegiatan literasi merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menjadi pencapaian yang perlu diulang