• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Jumping Task SPLDV Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI Repository_AMALIA LISSALAMAH_190210101032.pdf (1.197Mb)
    Date
    2023-08-23
    Author
    LISSALAMAH, Amalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa seringkali melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal matematika. Agar kesalahan tidak terulang kembali, maka perlu dilakukan analisis terhadap kesalahan yang dilakukan siswa dengan tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson dalam menyelesaikan soal jumping task materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari tipe kepribadian David Keirsey. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa VIII-B SMPN 4 Jember dengan pemilihan subjek menggunakan teknik snowball sampling. Pengambilan data menggunakan angket, tes tertulis, dan wawancara. Hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian artisan melakukan kesalahan data tidak tepat/Inappropriate Data (ID), kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), dan manipulasi tidak langsung/Undirected Manipulation (UM). Siswa dengan tipe kepribadian idealist melakukan kesalahan kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), konflik level respon/Response Level Conflict (RLC), dan masalah hierarki keterampilan/Skill Hierarchy Problem (SHP). Siswa dengan tipe kepribadian guardian melakukan data tidak tepat/Inappropriate Data (ID), kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), dan konflik level respon/Response Level Conflict (RLC). Siswa dengan tipe kepribadian rational melakukan kesalahan data tidak tepat/Inappropriate Data (ID), kesimpulan hilang/Omitted Data (OC), dan manipulasi tidak langsung/Undirected Manipulation (UM).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119984
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository