• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pembelajaran Fasilitatif Tutor Dalam Peningkatan Kemandirian Belajar Di “Sanggar Belajar Lestari” Yayasan Saku Yatim, Kabupaten Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Mochamad Akbar Kusuma Perdana_Skripsi Bendel_2024.pdf (1.869Mb)
    Date
    2023-12-13
    Author
    PERDANA, Mochammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lembaga Saku Yatim Indonesia di Kabupaten Lumajang membentuk sebuah bimbingan belajar Bernama Sanggar Belajar Lestari yang dimana sanggar tersebut dikhususkan untuk anak-anak yatim piatu dan kaum duafa di Kecamatan Lumajang. Namun, pada bimbingan belajar Sanggar Belajar Lestari tingkat kemandirian belajar warga belajar Sanggar Belajar Lestari dinilai masih sangat kurang. Hal tersebut berdampak pada ketergantungan warga belajar terhadap tutor terutama dalam proses belajar. Selain itu, keterbatasan waktu pembelajaran menyebabkan terbatasnya peran tutor untuk meningkatkan kemandirian belajar. Dengan demikian ditemukan tujuan penelitian dari skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran fasilitatif tutor dalam peningkatan kemandirian belajar di ”Sanggar Belajar Lestari” Yayasan Saku Yatim, Kabupaten Lumajang dengan manfaat penelitian adalah sebagai penambah wawasan, informasi, dan pengalaman dalam proses pembelajaran fasilitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti mendeskripsikan hasil wawancara di Sanggar Belajar Lestari. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data observasi dilakukan peneliti dengan melihat secara langsung dan riil. Pada teknik pengumpulan data wawancara, peneliti sudah mempersiapkan berupa pertanyaanpertanyaan yang akan ditanyakan kepada calon narasumber. Sedangkan pada teknik pengumpulan data dokumentasi, peneliti memotret kegiatan pada saat melakukan penelitian sebagai bukti telah melakukan wawancara penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor di Sanggar Belajar Lestari telah memahami pentingnya motivasi untuk diberikan kepada warga belajar. Hal ini sesuai dengan prinsip strategi pembelajaran fasilitatif dimana tutor tidak hanya berperan dalam menyampaikan ilmu namun juga berperan sebagai motivator. Selain itu, peran tutor ditunjukkan melalui perannya sebagai pembantu proses pembelajaran. Selain itu, tutor di Sanggar Belajar Lestari telah memiliki pandangan dalam pengelolaan pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Warga belajar di Sanggar Belajar Lestari menunjukkan belum memiliki kemandirian belajar yang baik, sebab mereka belum memiliki perencanaan khusus sebelum memulai pembelajaran. Pada tahapan pengawasan warga belajar belum menunjukkan adanya kemampuan untuk mengamati dan mengobservasi tantangan dalam proses pembelajaran. warga belajar di Sanggar Belajar Lestari belum mampu melakukan evaluasi secara mandiri terhadap diri sendiri dan cenderung bergantung pada kebijakan tutor. Sehingga memerlukan peningkatan kolaborasi antara tutor, warga belajar, serta pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan kemandirian belajar pada warga belajar di Sanggar Belajar Lestari. Setelah melakukan kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diambil kesimpulan bahwasanya tutor telah menerapkan pembelajaran fasilitatif melalui perannya sebagai katalisator/motivator dan pembantu proses belajar. Motivasi yang diberikan bertujuan membangkitkan semangat belajar dari warga belajar di Sanggar Belajar Lestari. Sedangkan pada pembantu proses belajar, tutor memberikan apresiasi yang bertujuan meningkatkan gairah untuk belajar dan bersaing dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan. Warga belajar sendiri belum memperlihatkan kemandirian belajar yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dari belum mampunya warga belajar dalam membuat perencanaan belajar secara mandiri, belum mampu mengevaluasi diri terhadap kendala yang sedang terjadi, serta tidak dapat menentukan target belajar dan evaluasi belajar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119952
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository