• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Game GAGERSS (Gaya dan Gerak Berbasis STEM) sebagai Media Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Anisa Hidayati_220220104004_Tesis.pdf (3.566Mb)
    Date
    2024-01-23
    Author
    HIDAYATI, Siti Anisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kreatif setiap individu akan dicapai dengan menghasilkan gagasan atau ide baru dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan sehingga terdapat berbagai macam jawaban. Pengaruh keterampilan berpikir kreatif sangat besar terhadap pemahaman konsep pembelajaran dan kemampuan memecahkan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran (Rohman et al., 2021). Upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa paling efektif dan efisien yaitu menggunakan game edukasi. Game edukasi dikembangkan oleh peneliti dengan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering Mathematics). Game GAGERSS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip Sains, Teknologi, Engineering, dan Mathematics yang bisa dimanfaatkan pada pengembangan sistem, produk, dan proses kehidupan manusia. Materi IPA SMP/ MTS yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu Gaya dan Gerak karena memiliki penguasaan konsep materi rendah pada siswa dan memiliki keterkaitan langsung dengan kehidupan nyata. Berdasarkan uraian diatas, maka diperlukan “Pengembangan Game GAGERSS (Gaya dan Gerak berbasis STEM by SitiAnisaHidayati) sebagai Media Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari Pengembangan Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yaitu teknik analisa data validitas dengan instrumen lembar validitas untuk menentukan kevalidan dari suatu produk, teknik analisa data kepraktisan dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan dan lembar respon siswa untuk menentukan kepraktisan produk yang digunakan dalam proses pembelajaran, teknik analisa data efektivitas dengan tes berupa pretest dan postest untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diukur menggunakan N-gain. Hasil dari validitas Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi materi gaya dan gerak dengan menggunakan lembar validasi mencapai presentase rata-rata dari ketiga aspek sebesar 92,8% yang artinya kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kriteria pembuatan Game GAGERSS sudah valid. Hasil dari kepraktisan Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi materi gaya dan gerak dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 94,5% dengan kategori sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan modul ajar. Kepraktisan produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa yang terdiri dari indikator motivasi, tanggapan, ketertarikan, kepuasan, dan minat mencapai 87,1% menunjukkan bahwa kategori sangat baik. Hasil dari efektivitas Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi materi gaya dan gerak dengan menggunakan nilai gain pada pretest dan posttest di SMPN 3 Jember sebesar 0,73 dan di SMPN 5 Jember sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi sehingga keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat setelah menggunakan Game GAGERSS saat pembelajaran. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Game GAGERSS (Gaya dan Gerak berbasis STEM by SitiAnisaHidayati) sebagai media pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran berdiferensiasi IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119945
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository