Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Obyek dalam penelitian ini yaitu perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu kinerja keuangan dari perusahaan tersebut yang diukur dengan rasio profitabilitas dan struktur modal sebagai variabel independent, nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 12 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022 yang telah ditentukan dengan menggunkan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 60 data observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode analisis data yang terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji Moderate Regression Analysis (MRA) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian tersebut didapatkan hasil profitabilitas tidak signifikan sedangkan struktur modal signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) juga mampu memoderasi profitabiltas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan.