• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perencanaan Perbaikan Subgrade Struktur Jalan Pada Akses Lokasi Wisata Puncak B29 di Kabupaten Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    201910301070_NADIVA WAHYU OKTAVIA_TUGAS AKHIR_REPOSITORY.pdf (1.889Mb)
    Date
    2024-01-08
    Author
    OKTAVIA, Nadiva Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Puncak B29 merupakan salah satu destinasi wisata di Desa Argosari, Kabupaten Lumajang. Desa Argosari yang merupakan permukiman suku Tengger termasuk dalam kategori zona kerentanan gerakan tanah menengah hingga tinggi yang mengindikasikan rentan terhadap bencana longsor. Salah satu titik longsor terdapat pada ruas jalan Kayuenak STA 14+600 yang mengikis ruas jalan serta bahu jalan. Longsor di titik ini terjadi di bulan Oktober tahun 2022 yang sudah memasuki musim hujan. Longsor diprediksi dapat terjadi karena massa tanah jenuh oleh air. Ketika tanah menjadi jenuh air, kekuatan geser tanah berkurang, dan itu dapat menyebabkan pergeseran atau robohnya lapisan tanah tersebut. Kerusakan pada ruas jalan harus segera diperbaiki agar tidak mengganggu serta membahayakan lalu lintas menuju kawasan wisata puncak B29. Metode yang digunakan adalah metode analisis Bishop menggunakan program bantu SLOPE/W. Kondisi eksisting sebelum dilakukan perbaikan menunjukkan bahwa lereng berpotensi mengalami longsor lagi saat kondisi jenuh penuh dengan nilai faktor keamanan 0,520. Alternatif perkuatan yang digunakan adalah dinding penahan tanah kantilever dan soil nailing. Kedua perkuatan ini dipilih karena relatif sederhana dan dapat diaplikasikan di lokasi tersebut. Dinding penahan tanah kantilever yang digunakan berdimensi tinggi 4 meter dengan bagian tertanam 0,54 m serta lebar base 2,8 m. Sedangkan nail bars yang digunakan sebanyak 2 buah dengan sudut inklinasi 15° dan memiliki panjang 4,8 m serta diameter 0,032 m. Setelah dicek terhadap stabilitas internal dan eksternal, DPT kantilever sudah aman terhadap stabilitas global, guling, geser, dan daya dukung, sehingga DPT kantilever aman dari kelongsoran. Masing-masing nail bars dikontrol terhadap faktor keamanan global, geser, putus tulangan, dan cabut tulangan dan dapat dikatakan aman terhadap longsor. Dari penelitian ini, disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menambah titik lokasi penyelidikan, menggunakan program bantu lain, memperhitungkan terkait Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan memperhitungkan estimasi waktu konstruksi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119878
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository