Redesain Struktur Atas Jembatan Kedungsoko Tulungagung Menggunakan Gelagar Prategang
Abstract
Desain struktur atas Jembatan Kedungsoko menggunakan rangka baja
dengan tipe Jembatan Rel. Dengan bentang 45 meter dan lebar 7 meter, keterbatasan
tinggi dan lebar karena sistem rangka baja menjadi tantangan saat mobilisasi
muatan yang besar dan lebar. Jembatan ini menghubungkan Kelurahan
Kedungsoko dan Desa Waung yang terpisah oleh Sungai Ngrowo di Kecamatan
Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jembatan ini direncanakan
ulang untuk memperpanjang panjangnya menjadi 45 meter dan lebar 7 meter.
Perencanaan pembebanan jembatan mengikuti peraturan terkini, seperti SNI
1725 (2016) dan SNI 2833 (2016). Metode perencanaan mengacu pada Panduan
Praktis Perencanaan Teknis Jembatan No. 02/M/BM/2021, dengan tambahan
peraturan lain seperti RSNI T 12 (2004) dan SNI 2847 (2019). Analisis
menggunakan software SAP2000 v22 dan Microsoft Excel.
Desain menggunakan Girder-I H-210 dari WIKA Beton dengan jarak 1800
mm dan kekuatan f’c = 50 MPa. Setiap gelagar menggunakan 4 tendon dengan total
73 strands uncoated 7 wire strands ASTM A-416 grade 270. Pelat lantai memiliki
tebal 0,20 meter dengan overlay 5 cm.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]