• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Buku Ajar Flipbook Berbasis STEM pada Pokok Bahasan Bioteknologi terhadap Kesadaran Metakognitif dan Retensi Belajar Siswa Kelas XII SMA di Kawasan Pertanian Industrial

    Thumbnail
    View/Open
    190210103012_Khusnul Khotimah_Pengaruh Buku Ajar Flipbook Berbasis STEM.pdf (7.067Mb)
    Date
    2023-03-10
    Author
    KHOTIMAH, Khusnul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian berjudul Pengaruh Buku Ajar Flipbook Berbasis STEM pada Pokok Bahasan Bioteknologi terhadap Kesadaran Metakognitif dan Retensi Belajar Siswa Kelas XII SMA di Kawasan Pertanian Industrial. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh buku ajar flipbook berbasis STEM pada pokok bahasan bioteknologi terhadap kesadaran metakognitif dan retensi belajar siswa kelas XII SMA di kawasan pertanian industrial. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Jember pada siswa kelas XII MIPA. Penelitian merupakan kuasi eksperimen. Kelas XII MIPA 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Kelas XII MIPA 8 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa diberikan perlakuan buku ajar flipbook berbasis STEM. Data merupakan data kuantitatif kedua kelas berupa pretest dan posttest untuk mengetahui kesadaran metakognitif, serta posttest dan tes tunda untuk mengetahui retensi belajar. Data kesadaran metakognitif diperoleh melalui angket MAI, sedangkan data retensi belajar melalui 10 soal esai. Nilai pretest angket MAI terendah 39 dan nilai tertinggi 100. Nilai posttest angket MAI terendah 47 dan nilai tertinggi 100. Nilai posttest retensi terendah 33 dan tertinggi 97. Nilai tes tunda retensi terendah 51 dan tertinggi 97. Nilai signifikansi angket MAI 0,012 dan nilai signifikansi retensi 0,00, artinya kedua signifikansi > 0,05. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh nyata dalam penerapan buku ajar flipbook berbasis STEM terhadap kesadaran metakognitif dan retensi belajar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119786
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository