Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Aplikasi Tiktok Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Pembelajaran Geografi secara teoritis sukar untuk diterapkan di kelas, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang membantu siswa untuk memahami materi dan tidak semua materi geografi bisa diterapkan dengan metode klasikal. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi tiktok terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penetapan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan purposive sampling yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS versi 25, dengan hasil terdistribusi heterogen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Materi persebaran flora dan fauna diberikan pada kedua kelas, untuk kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kemampuan berpikir kritis, analisis data hasil belajar dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA berdasarkan perhitungan independent sample t-test Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan model CTL juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test bahwa nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05.