• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Aplikasi Tiktok Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    ARINI DWI KUSMANING AYU_BANDEL SIDANG FIX.pdf (772.1Kb)
    Date
    2024-01-24
    Author
    AYU, Arini Dwi Kusmaning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Geografi secara teoritis sukar untuk diterapkan di kelas, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang membantu siswa untuk memahami materi dan tidak semua materi geografi bisa diterapkan dengan metode klasikal. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi tiktok terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penetapan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan purposive sampling yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS versi 25, dengan hasil terdistribusi heterogen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Materi persebaran flora dan fauna diberikan pada kedua kelas, untuk kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kemampuan berpikir kritis, analisis data hasil belajar dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA berdasarkan perhitungan independent sample t-test Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan model CTL juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test bahwa nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119776
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository