Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Ike Kumala
dc.date.accessioned2024-01-30T08:52:14Z
dc.date.available2024-01-30T08:52:14Z
dc.date.issued2024-01-11
dc.identifier.nim200210102019en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119745
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractAbad 21 dikenal dengan abad keterbukaan dimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang secara pesat, sehingga menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan di segala bidang. Salah satu keterampilan abad 21 yang saat ini dibutuhkan adalah berpikir kreatif. Fakta yang ditemukan di sekolah, guru masih banyak yang menggunakan pembelajaran konvensional seperti guru lebih dominan, tidak berpusat pada aktivitas siswa, dan belum menekankan pada produk. Hal tersebut berdampak pada keterampilan berpikir kreatif karena perkembangan berpikir peserta didik dibatasi. Pembelajaran fisika dengan model PjBL terintegrasi STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik. Keterampilan berpikir kreatif pada materi dinamika gerak diperlukan oleh peserta didik untuk memahami konsep dinamika gerak dengan mengajak mereka berpikir secara kreatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menginvestigasi keterampilan berpikir kreatif siswa melalui implementasi Model PjBL terintegrasi STEM pada materi dinamika gerak dan Menganalisis implementasi model PjBL terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi dinamika gerak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang terdiri dari tahapan plan, design, prpare, collect, analyze, dan share. Data penelitian didapatkan dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumen yang berupa Lembar Kerja Siswa. Setelah itu data akan dianalisis menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data yang sudah dikumpulkan tersebut diuji kredibilitasnya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat indikator keterampilan berpikir kreatif dua indikator berada dalam kategori baik dan dua indikator terdapat dalam kategori kurang. Indikator keterampilan berpikir kreatif yang termasuk dalam kategori baik yaitu fluency dan elaboration, sedangkan yang berada dalam kategori kurang yaitu flexibility dan originality. Pada indikator fluency berada dalam kategori baik karena pada beberapa aktivitas yang dilakukan, siswa baik dalam memberikan banyak ide dan jawaban. Pada indikator flexibility berada dalam kategori kurang karena dalam beberapa aktivitas, siswa kurang mampu memberikan jawaban yang berbeda-beda atau bervariasi. Pada indikator originality berada dalam kategori kurang karena dalam beberapa aktivitas, siswa kurang mampu memberikan ide dan jawaban yang unik. Pada Indikator elaboration berada dalam kategori baik karena dalam proses pembelajaran, siswa baik dalam mengembangkan ide dan merinci ide yang dimilikinya. Pada implementasi PjBL terintegrasi STEM semua tahapan dapat terlaksana pada kegiatan pembelajaran dan pada masing-masing tahapan dapat memunculkan satu atau lebih indikator keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa melalui implementasi Model PjBL terintegrasi STEM pada materi dinamika gerak berada pada kategori baik untuk indikator fluency dan elaboration, serta berada pada kategori kurang untuk indikator flexibility dan originality. Implementasi model PjBL terintegrasi STEM sudah terlaksana, dimana pada setiap tahapan dapat memunculkan indikator keterampilan berpikir kreatif. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa dapat diinvestigasi melalui implementasi model PjBL terintegrasi STEM.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. Pembimbing Anggota : Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kreatifen_US
dc.subjectImplementasi PjBLen_US
dc.subjectMateri Dinamika Geraken_US
dc.titleInvestigasi Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Implementasi PjBL Terintegrasi STEM Pada Materi Dinamika Geraken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 26 Januari 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record