• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dampak Lagu Dewasa Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 di TK Kartika IV-73 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (423.8Kb)
    Date
    2024-01-18
    Author
    PUTRI, Syifa Kartika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemajuan teknologi telah merubah cara kita mengakses hiburan, termasuk lagu-lagu dewasa yang dengan cepat populer. Anak-anak usia dini mudah mengakses konten tersebut, memberikan dampak pada tumbuh kembang mereka, karena lagu dewasa sering mengangkat tema-tema seperti percintaan dan perselingkuhan. Di TK Kartika IV-73 Jember, beberapa anak gemar menyanyikan lagu-lagu dewasa yang mereka dapatkan dari media sosial seperti YouTube dan TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak lagu dewasa terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK Kartika IV-73 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif, seperti ekspresi emosional yang lebih baik pada anak. Namun, terdapat dampak negatif akibat paparan konten kekerasan, yang dapat memicu perilaku agresif dan kesulitan mengelola emosi. Pengaruh media juga dapat merubah persepsi dan perilaku terkait hubungan sosial dan cinta, termasuk kesulitan patuh pada aturan dan perilaku kurang disiplin. Meskipun demikian, anak-anak tetap menunjukkan sikap berbagi, bersaing, dan empati dalam interaksi dengan teman sebaya. Kesimpulannya, pentingnya peran orang dewasa dalam memantau akses anak-anak terhadap konten media, khususnya lagu dewasa, untuk meminimalkan dampak negatif dan mendukung perkembangan positif mereka.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119678
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository