Show simple item record

dc.contributor.authorSUMAKHA, Zahfa Agnia
dc.date.accessioned2024-01-29T08:01:35Z
dc.date.available2024-01-29T08:01:35Z
dc.date.issued2024-01-17
dc.identifier.nim200210102116en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119673
dc.description.abstractFisika merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam memperkaya pemahaman konsep ilmiah serta memajukan keterampilan berpikir siswa. Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksankan dan wawancara terhadap seorang guru di SMK Jember, salah satu faktornya adalah kurangnya partisipasi siswa untuk belajar fisika yang dikarenakan siswa menganggap fisika itu sulit. Selain itu, pembelajaran fisika disekolah hanya berfokus pada ceramah atau metode pembelajaran konvensional tanpa memberikan ruang bagi partisipasi siswa. Dengan kurangnya partisipasi aktivitas belajar siswa, membuat hasil belajarnya sangat rendah. Berdasarkan beberapa masalah tersebut, maka peneliti ingin menyajikan alternatif model pembelajaran yang didukung oleh media pembelajaran berupa model kooperatif Team Games Tournament (TGT) berbantuan Kahoot pada materi Bumi dan Antariksa pada siswa kelas X SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa selama penerapan model kooperatif TGT berbantuan Kahoot pada materi Bumi dan Antariksa serta mengkaji adanya pengaruh signifikan penerapan model kooperatif TGT berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar fisika pada materi Bumi dan Antariksa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogenitas untuk mengetahui variasi siswa kelas X melalui nilai ulangan harian terakhir pelajaran fisika. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data aktivitas belajar diperoleh dari data hasil observasi selama proses pembelajaran Data hasil belajar siswa dikaji menggunakan uji normalitas dan uji-t Hasil aktivitas belajar siswa diperoleh nilai pada pertemuan pertama sebesar 80,44 dan pada pertemuan kedua diperoleh nilai 83,77. Kedua hasil aktivitas belajar tersebut mengalami kenaikan dari pertemuan satu ke pertemuan kedua serta masuk dalam kriteria yang pada awalnya aktif menjadi sangat aktif. Penelitian berikutnya adalah hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 70, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 81. Kedua hasil posttest tersebut kemudian dilakukan uji normaltas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov berbantuan SPSS 23 dan memperoleh hasil Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,089 yang artinya data hasil belajar dari posttest berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,00 yang artinya ada pengaruh signifikan model kooperatif TGT berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Jember. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan Kahoot materi Bumi dan Antariksa pada pertemuan pertama tergolong dalam kriteria aktif. Kemudian pada pertemuan kedua tergolong dalam kriteria sangat aktif; dan (2) Ada pengaruh model kooperatif TGT berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Bumi dan Antariksa.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Drs.Subiki, M.Kes., M.C.E. Pembimbing Anggota Lailatul Nuraini S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.Een_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTeam Games Tournament (TGT)en_US
dc.subjectBerbantuan Kahooten_US
dc.subjectMateri Bumi dan Antariksaen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK pada Materi Bumi dan Antariksaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs.Subiki, M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 24 Januari 2024en_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record