Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Nilai-Nilai Karakter Pada Tema 7 Subtema 3 Untuk Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Era perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat karakter peserta didik semakin melemah. Rasa cinta tanah air, kerja sama dalam bergotong royong, dan rasa toleransi antara umat beragama semakin memudar di kalangan peserta didik. Penguatan nilai-nilai karakter perlu diperkuat dalam pembelajaran sebagai upaya menciptakan penerus bangsa yang berkualitas seta cinta tanah air melalui pengembangan media pembelajaran e-comic berbasis nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, keeektifan media pembelajaran e-comic berbasis nilai-nilai karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) mengggunakan tahapan Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 02 Tampo Kabupaten Banyuwangi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Uji kevalidan produk oleh ahli materi, ahli media dan praktisi memperoleh nilai 85% (sangat layak), hasil uji keefektifan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada ttabel (7,008 > 2,008), kemudian melakukan uji keefektifan relatifnya (ER) memperoleh skor sebesar 45,3% (keefektifan sedang), dan uji kepraktisan menggunakan angket respon peserta didik memperoleh nilai 85,54% (sangat praktis). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic berbasis nilai-nilai karakter pada tema 7 subtema 3 untuk kelas V SD valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, e-comic, nilai karakter
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGUATAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN BUDI PEKERTI BANGSA MELALUI PEMAHAMAN DAN DESIMINASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MADURA (KLM): Upaya Mempersiapkan Masyarakat Madura Pasca dibukanya Jembatan Suramadu
Akhmad Haryono; Akhmad Sofyan (Fak. Sastra'13, 2014-07-03)Tujuan umum penelitian ini menghasilkan Model ”Kearifan Lokal dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia”, agar terjadi penguatan nilai-nilai kebangsaan dan budi pekerti bangsa, sehingga rekomendasi penelitian ini ... -
Perkembangan teknologi pengolahan buah menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi buah dengan rasa yang kurang disukai, sehingga memiliki nilai tambah dengan daya simpan yang lebih lama. Buah mangga endhog (Mangifera indica L.) memiliki rasa asam namun berpotensi diolah menjadi velva buah karena memiliki daging buah yang tebal dan aroma khas mangga. Velva mangga endhog dengan karakteristik tekstur halus dan kecepatan leleh yang rendah ditentukan oleh jenis dan konsentrasi bahan penstabil. Tujuan penelitian ini ialah untuk menentukan jenis dan konsentrasi penstabil yang tepat dalam pembuatan velva mangga endhog. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor A ialah jenis bahan penstabil (CMC dan pektin) dan faktor B ialah konsentrasi bahan penstabil (0,5%;0,75%;1%). Parameter pengamatan velva mangga endhog meliputi viskositas, overrun, tekstur, kecepatan meleleh, warna, total padatan, kadar vitamin C dan sifat organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik terdapat pada velva dengan penstabil pektin konsentrasi 1%. Velva yang dihasilkan mempunyai nilai viskositas 1637,17 cP, Overrun 14,06%, tekstur 13,03 mm/10detik, kecepatan meleleh 25,38% per menit, nilai °Hue 104,20 (yellow), total padatan 46,79% dan vitamin C 35,20 mg/100g. Nilai kesukaan velva secara berurutan dari warna, tekstur, aroma, rasa dan keseluruhan yaitu 3,68, 3,12, 3,76, 3,68, 3,76 (agak suka hingga suka)
Mardianti, Annisa; Praptiningsih, Yhulia; Kuswardhani, Nita (2017-03-27)Perkembangan teknologi pengolahan buah menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi buah dengan rasa yang kurang disukai, sehingga memiliki nilai tambah dengan daya simpan yang lebih lama. Buah mangga endhog (Mangifera ... -
PENGARUH NILAI KINERJA PRODUK DAN NILAI LAYANAN SERTA NILAI EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK MEGA KANTOR WILAYAH SURABAYA
Alfian Rosandy (2014-01-27)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan and Reliability variabel nilai kinerja produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, variabel nilai layanan berpengaruh signifikan terhadap ...