Analisis Hubungan Kausalitas Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Perbankan (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia)
Abstract
Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang menyerang hampir diseluruh
dunia, termasuk Indonesia. Dengan datangnya virus tersebut berdampak bagi
semua sektor termasuk sektor ekonomi akibat dari diberlakukannya Pembatasan
Sosial Berskala Besar (PSBB). Bank Umum Syariah (BUS) merupakan salah satu
perusahaan yang terdampak dengan kondisi tersebut dan BUS memiliki peran
penting dalam pemulihan pasca pandemi ini. Sehingga, faktor yang
mempengaruhi kestabilan BUS perlu untuk di analisis. Profitabilitas merupakan
instrumen penting bagi kestabilan BUS dan Corporate Social Responsibility
(CSR) menjadi salah satu faktor pendorongnya. Namun pada penelitian
sebelumnya belum ada yang meneliti hubungan kedua variabel secara timbal
balik. Maka dari itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan kausalitas antara profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dengan
CSR. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi entitas terkait dalam
perencanaan demi kestabilan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian
Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas dengan menggunakan uji
kausalitas Granger. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang
termasuk dalam pendekatan kuantitatif yang menggunakan data time series.
Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah jenis data sekunder yaitu berupa
laporan keuangan tahunan bank umum syariah dan laporan ISR periode 2020-
2022. Dengan menggunakan aplikasi Eviews 12 uji kausalitas granger dilakukan
dengan mencari panjang lag. Panjang lag dalam penelitian ini adalah 4 dan
dengan panjang lag tersebut diperoleh hasil bahwa nilai probabilitas kedua arah
antara ROA dengan CSR maupun CSR dengan ROA memiliki kurang dari nilai
signifikansi yait 5%. Pada arah yang pertama yaitu ROA dengan CSR memiliki
nilai probabilitas 0,0350 dan pada arah yang kedua yaitu CSR dengan ROA
memiliki nilai probabilitas 0,0039. Sehingga dapat disimpulkan bahwa BUS yang
menjadi objek dalam penelitian ini pada tahun 2020-2022 telah terbukti bahwa
angka profitabilitas perusahaannya salah satunya disebabkan oleh CSR, dan
begitu pula sebaliknya bahwa pengungkapan CSR yang semakin tinggi akan
mempengaruhi profitabilitas perusahaan yang semakin tinggi pula