Analisis Determinan Minat Beli Konsumen pada UD Wien Part di Jember
Abstract
Munculnya internet memudahkan pembeli untuk memperoleh barang yang
dibutuhkan melalui media elektronik, pembeli tidak perlu lagi untuk bertemu
secara langsung dengan penjual jika ingin melakukan transaksi pembelian,
pembeli cukup memesan barang yang dibutuhkan melalui media penjualan online.
Semakin berkembangnya internet mengakibatkan persaingan usaha menjadi
meningkat yang mengaharuskan pelaku usaha untuk lebih meningkatkan inovasi
dan kreativitasnya. UD Wien Part merupakan usaha yang menjual sparepart dan
variasi motor di Jember. Banyak usaha yang menyerupai Wien Part di Jember,
akan tetapi usaha-usaha tersebut dinilai kurang berkembang. Tujuan untuk
mengetahui pengaruh dari variabel e-service, harga, etika bisnis Islam dan layanan
COD terhadap minat beli konsumen.
Penelitian ini berfokus pada strategi UD Wien Part selaku usaha yang
mengembangkan usaha penjualan sparepart dan variasi motor di Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis data yang
digunakan yaitu data primer dengan menyebar kuisioner melalui google form.
Hasil dari data kemudian diolah menggunakan analisis regresi logistik dengan
software berupa SPSS versi 25.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel e-service dan harga
berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli konsumen dalam membeli
sparepart dan variasi pada UD Wien Part di Jember, kemudian variabel etika
bisnis Islam dan layanan COD berpengaruh signifikan terhadap minat beli
konsumen dalam membeli sparepart dan variasi pada UD Wien Part di Jember.