Dukungan Sosial Teman Sebaya Kepada Mahasiswa Disabilitas Selama Menempuh Pendidikan di Universitas Jember (Studi Deskriptif pada Universitas Jember)
Abstract
Stella Peppi Cita, 180910301091, 2023, 50 halaman; Jurusan Ilmu
Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
Penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan serupa untuk melanjutkan
pendidikan. Disabilitas merupakan suatu keadaan yang membatasi aktivitas
penyandang disabilitas karena keterbatasan yang dimilikinya. Artinya, mereka
seringkali menjadi korban ketidakadilan dalam memperoleh haknya. Mahasiswa
penyandang disabilitas yang tidak mendapat dukungan sosial yang baik akan
mengalami kesulitan belajar. Dukungan sosial dari lingkungan terhadap siswa
penyandang disabilitas penting agar mereka mampu menghadapi kehidupan
sehari- hari. Lingkungan sosial memegang peranan yang sangat penting bagi
siswa penyandang disabilitas karena dukungan sosial dari teman sebaya
mempengaruhi motivasinya untuk mengembangkan dan memantapkan proses
belajarnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan
menganalisis dukungan sosial teman sebaya kepada mahasiswa disabilitas selama
menempuh pendidikan di Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode
kualitaif deskriptif dengan lokasi penelitian di Universitas Jember. Berdasakan
teknik purposive sampling, maka jumah informan yang dijadikan subyek terdiri 3
(tiga) orang informan pokok, dan 3 (tiga) orang informan tambahan.
Hasil penelitian ini adalah : a) dukungan sosial tersebut dilakukan oleh
lingkungan sosial terdekat, seperti sahabat yang memang sejak awal perkuliahan
telah berinteraksi dengan mahasiswa disabilitas; b) bentuk dukungan sosial yang
diberikan meliputi pemberian atensi dan motivasi, kesempatan untuk
mengaktualisasikan diri, dan bantuan aksesibilitas di lingkungan kampus selama
menempuh pendidikan.