• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau Berdasarkan Tipe Kepribadian DISC

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY UNEJ_Dhea Ersandika Krisna Pangastuti_190210101038.pdf (1.071Mb)
    Date
    2023-12-08
    Author
    PANGASTUTI, Dhea Ersandika Krisna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matriks berdasarkan tipe kepribadian DISC. Data penelitian diperoleh melalui tes dan wawancara terhadap empat siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Jember. Kecerdasan logis matematis terdiri dari empat indikator, yaitu: mengklasifikasikan, menghubungkan, pengolahan angka/simbol, dan menarik kesimpulan. Penelitian diawali dengan angket tipe kepribadian DISC yang dilanjutkan dengan tes. Hasil angket kepribadian dianalisis untuk menentukan subjek penelitian. Hasil tes kecerdasan logis matematis dianalisis secara singkat untuk melihat pencapaian indikator kecerdasan logis matematis. Indikator yang belum tercapai akan ditanyakan pada saat wawancara. Hasil tes dan wawancara akan dianalisis lebih mendalam dan diuraikan secara lengkap. Data diuji keabsahannya dengan metode member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dominance siswa pada tipe soal non rutin sudah memenuhi indikator mengklasifikasikan, mengolah angka dan membuat kesimpulan, sedangkan pada tipe soal rutin: mengklasifikasikan, menghubungkan dan membuat kesimpulan. Pada kepribadian influence, baik jenis pertanyaan rutin maupun tidak rutin, indikator yang dipenuhi adalah mengklasifikasikan dan menghubungkan. Untuk subjek steadiness pada soal non rutin sudah memenuhi indikator pengklasifikasian, pengolahan angka dan pengambilan kesimpulan, sedangkan untuk jenis soal rutin seluruh indikator sudah terpenuhi. Terakhir, pada subjek compliance, baik jenis pertanyaan rutin maupun tidak rutin, seluruh indikator telah terpenuhi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, beberapa hal yang dapat disampaikan adalah pemahaman yang lebih baik terhadap konsep dasar materi matematika yang dipelajari, membiasakan menuliskan informasi di awal penyelesaian, lebih teliti dan sering berlatih soal matematika.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119608
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository